Ingin Tetap Produktif Meski dari Rumah? Ini 7 Ide Usaha untuk Full Mom

Posting Komentar
Banyak faktor, ketika seorang working mom memutuskan tak lagi bekerja. Diantaranya memiliki baby. Keputusan tersebut, tentu bukan pilihan mudah. Artinya mom harus siap kehilangan sebagian sumber pemasukan keluarga. Padahal, setelah hadirnya bayi tentu kebutuhan semakin bertambah. Maka ada kalanya, kita sebagai full mom ingin membantu suami menghasilkan income tambahan untuk mengcover biaya hidup dan kebutuhan lainnya. Keinginan membantu suami ini, biasanya baru bisa terealisasi setelah baby setidaknya berusia 2 – 3 tahun keatas. 

Selain membantu suami menghasilkan income tambahan, bisnis juga akan sangat membantu moms dalam mengatasi rasa jenuh dengan aktifitas dirumah yang itu – itu saja. Benar, bisnis bsa menjadi media moms membangun eksistensi diri, memberikan nuansa rekreatif, sehingga membantu moms lebih fresh dan bersemangat dalam menjalani aktifitas sehari - hari. Itulah yang saya rasakan, saat saya mencoba memulai bisnis dari rumah. 

Peluang Usaha untuk Fullmom

Kemudian soal bisnis dari rumah ini, ada beberapa referensi yang mungkin cocok dengan kondisi moms yang ingin tetap produktif meski dari rumah. Inilah 7 ide usaha untuk full mom.

1. Jual Pulsa

Jual pulsa merupakan salah stu ide bisnis yang sudah lumrah dijalankan banyak orang. Meski demikian, bisnis ini tidak banyak menyita waktu. Moms tetap bisa menjalankan peran moms ditengah keluarga.

Pertama – tama, moms bisa menjalin relasi dengan agen pulsa atau counter terdekat. Moms bisa mulai mendaftarkan nomor handphone yang moms pakai untuk transaksi nantinya. Setelah itu, moms bisa mulai mengisi saldo Rp. 100. 000,- terlebih dahulu untuk awal. Jangan lupa memastikan pasar ya, moms. Mungkin bisa promosi ketetangga kanan kiri, sanak saudara, dan orang – orang terdekat.
Karena modal dari bisnis pulsa ini tidaklah besar, maka untungnya juga tidak seberapa. Sekali transaksi, mungkin untungnya berkisar antara Rp. 1000,- – Rp. 1.500,- saja tergantung masing – masing operator.

Bisnis Pulsa Bermodal Gawai

Namun dengan kesabaran dan ketelatenan, bukan tidak mungkin bisnis ini lama – lama akan menghasilkan income yang besar. Asal moms secara konsisten menjalankannya, memperluas pasar, memperbanyak produk. Seperti token listrik, transaksi bayar PLN, bayar BPJS, bayar PDAM, dan sebagainya yang memungkinkan pelayanan via handphone. 

2. Buka Warung Makanan Kecil

Buka Gerai Makanan Kecil

Bisnis warung makanan dan minuman ini, memungkinkan sekali untuk dilakukan apabila rumah moms berada dilingkungan sekolah, pabrik, dan sebagainya. Tidak seperti bisnis pulsa, bisnis ini akan lebih banyak menyita waktu dan tenaga. Namun lain halnya bila yang moms jual adalah makanan dan minuman dalam kemasan. Maka dari itu, membaca kebutuhan pasar menjadi hal penting. Modal dari bisnis ini pun tidak begitu besar, jadi untungnya pun tidak begitu besar. Namun, bisnis makanan memungkinkan pembeli untuk sering datang atau menjadi langganan. Sebab, makanan dan minuman merupakan suatu kebutuhan.

3. Buka Jasa Penitipan Anak

Jasa Asuh Anak

Bila si kecil sudah berusia 5 tahun keatas, moms bisa membuka jasa penitipan anak dirumah. Moms bisa cari tetangga atau teman yang seorang working mom yang membutuhkan jasa ini.
Akan lebih baik lagi kalau moms mengenal orangtua si baby dan dia mengenal moms. Sehingga tidak perlu lagi meyakinkan pada orangtuanya bahwa moms kompeten dan bisa dipercaya. Moms akan sangat mudah mendapatkan pekerjaan ini apabila lingkungan moms berada dilingkungan karyawan atau pekerja ya. Dan pekerjaan seperti ini pun tidak terasa seperti sedang bekerja. Atau bahkan rasanya seperti mengasuh dua anak moms sendiri. Bayaran dari menjaga baby seperti ini pun terbilang lumayan. Berkisar anatara Rp. 800.000,- - Rp. 1.200.000,- perbulannya.

4. Jadi Influencer

Nah, kalau buat moms yang hobi main gawai dan eksis dimedsos, moms bisa jadi seorang influencer. Ini memungkinkan bila followers moms telah mencapai 1000. Moms bisa bergabung dengan agency atau komunitas yang sejalan dengan pekerjaan influencer. Bukan hanya uang, moms mungkin akan mendapat bayaran produk juga.

Being an Influencer

Pekerjaan influencer memang tidak dibangun satu dua hari, tetapi butuh waktu untuk personal branding. Namun, pekerjaan influencer ini amat sangat memungkinkan moms lakukan meski hanya dari rumah. Payment biasanya dilakukan setelah posting atau kerjaan telah selesai. Bisa berupa produk atau uang berkisar sekitar Rp. 50.000,-  sampai Rp. 500.000,- tergantung pekerjaan yang diberikan.

5. Penulis Freelance

Menulis Paruh Waktu

Penulis freelance hany memungkinkan dilakukan bagi mereka moms yang punya keahlian dan hoby menulis. Moms bisa mencari lowongan penulis freelance ini melalui sosial media, situs – situs web, agency, dan sebagainya. Moms biasanya akan diminta mengirim hasil tulisan moms, mostly berupa artikel, dan sebagainya hanya melalui email. At least, moms tidak akan kemana – mana, dan tetap bisa menjalakan peran sebagai ibu di rumah.

6. Jualan Online
 
Masih memanfaatkan gawai, jualan online memungkinkan moms untuk berbisnis hanya dari rumah. Jualan online ini, bisa pakai web, marketplace, instagram, dan sebagainya.
So, tugas moms hanya memonitor orderan yang masuk, promosi, membalas chat customers, rekap order, packing orderan. Adapun untuk pengiriman, moms bisa minta kurir untuk menjemput dirumah kalau moms tidak punya banyak waktu.

Jualan di Onlineshop

7. Manfaatkan passion jadi Bisnis

Setiap orang pasti punya passion. Passion merupakan hal yang moms ahli dan enjoy dalam menjalankannya. Misal menjahit, crafting, dan sebagainya. Bila passion moms adalah menjahit, moms bisa mengambil potongan bakal baju dari konveksi dekat rumah moms dan kemudian dijahit dirumah. Bila passion moms adalah crafting, moms bisa membuat aneka kerajinan dari kain perca, mebuat bros hijab, dan sebagainya kemudian menjualnya di onlineshop.

Passion Jadi Bisnis

Demikian juga dengan hoby dan passion lainnya, kembangkan dan tekuni. Bukan tidak mungkin hoby dan passion yang ditekuni dengan serius dan konsisten akan menghasilkan income yang besar.
Dari ketujuh ide bisnis diatas, manakah yang cocok dengan kondisi moms yang ingin tetap produktif meski dari rumah?...Itulah tadi 7 ide bisnis yang kesemuanya halal. Semoga menjadi inspirasi untuk moms yang ingin memulai bisnis sambil menjaga si kecil yaa. Have a great day an see you in the next post.
wawa rafsanjani
Hallo, shobat pembaca. Welcome to my personal blog. Saya adalah ibu dua orang putri. Kegiatan saya sehari - hari menemani aktivitas, menjadi teman main, dan bertumbuh bersama mereka. Saya happy dan bersyukur punya mereka. Sesekali saya juga mengisi sebuah kelas di salahsatu sekolah swasta. Berjualan online, jalan - jalan tipis, kulineran, nulis, ngonten, dan masih banyak lagi. Semoga blog ini bisa nambah satu lagi referensi yang menyenangkan dan bermanfaat. Yuk, collabs with me! �� Sri.rafsanjani90@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar