Rahasia Sukses Jualan di Marketplace

1 komentar
Rahasia Sukses Jualan di Marketplace

          Hai, mom. Setuju ngga kalau kita moms adalah sosok manusia multitasking. Pasti semua setuju ya bahwa moms adalah pelakon tugas domestik never ending. Meski demikian, nyatanya banyak moms merangkap berbisnis disela rutinitasnya mengurus keluarga. Sebuah penelitian menyatakan bahwa mama akan mulai berbisnis saat anak berusia tiga tahun keatas.
         Bahkan ada juga moms mahir berbisnis, padahal anaknya belum genap 2 tahun.  Bagaimana tidak, cukup dengan menginstal aplikasi marketplace dihandphone bisnis sudah dapat dimonitoring hanya dari rumah. Lalu bagaimana kiat sukses jualan di dimarketplace. Tentu ada tips dan trik jualan dimarketplace untuk pemula. Nah, kemarin nih moms... saya berkesempatan mengikuti kelas preview sukses memulai bisnis dimarketplace.
         Kelas ini berisi sharing session oleh Pak Hilmy Hidayatullah. Beliau satu dari seller yang sukses jualan dimarketplace shopee. Kalau kesuksesan timnas diukur dari berapa banyak mencetak gol, kesuksesan pebisnis diukur dari omset, right?!. Omset beliau mencapai Rp. 49.000.000,- dalam waktu relatif singkat yaitu satu bulan.

Omset Puluhan Juta
       
        Cukup fantastis bukan?!. Lalu apa kuncinya? Menurut beliau, rahasia sukses jualan dimarketplace hanya tiga. OPTIMASI, OPTIMASI, dan OPTIMASI.
       Yaitu mengoptimalkan semua aspek dalam akun marketplace. Username, nama toko, nama produk, foto produk, desain toko, deskripsi toko, deskripsi produk, slider foto, diskon, voucher, follower, teknik penjualan, teknik follow up, aktifasi gratis ongkir, dan masih banyak lagi. Namun kelas preview ini akan membahas hanya dua aspek penting, username dan toko.
USERNAME
         Ada tips dan trik membuat username agar ketika calon buyer mencari produk yang kita jual langsung muncul nama toko kita.
Pertama, Pastikan username mudah diingat. Username tidak dibuat asal –asalan. Jangan terlalu pendek, jangan terlalu panjang, dan tidak menggunakan nama alay.
         Kedua, username hendaknya mewakili produk yang kita buat. Seperti menambahkan kata olshop, grosir, store, pusat, murah, craft, handmade, fashion, produsen, dan sejenisnya yang menggambarkan produk.
         Ketiga, disarankan menggunakan dua sampai tiga kata. Misalnya baju anak murah atau dapat dipisah dengan titik. Baju. Anak. Murah. Kalau optimasi username telah dilakukan, nama toko dan produk akan berfungsi secara optimal. Perlu diingat bahwa username tidak dapat diubah dan bersifat paten.

Username dan Nama Toko

NAMA TOKO
         Lain dengan username yang tidak dapat diubah, nama toko dapat diubah kapanpun seller mau. Caranya, upload minimal satu produk terlebih dahulu. Setelah itu klik menu saya, lihat toko saya, klik asisten penjual, profilku, lalu ubah nama toko. Dan nama toko telah berhasil diubah.
         Diatas itu semua, tentu langkah yang pertama kali dilakukan dalam memulai bisnis dimarketplace adalah menentukan produk yang akan dijual. Setelah itu instal salahsatu aplikasi marketplace dihandphone atau laptop, daftar dengan nomor handphone atau email, klik menu saya, klik mulai jual, klik tambahkan produk, lalu upload produk.
         Nah, demikian paparan Pak Hilmy Hidayatullah tentang bagaimana rahasia sukses jualan di marketplace. Setelah mengikuti kelas dan menyimak pembahasan didalamnya, kini saya punya sedikit bekal bagaimana memulai bisnis saya nanti di marketplace. Bagaimana dengan moms?. Semoga yang sedikit ini bermanfaat, ya. Selamat berbisnis...!

Baca Juga : Hair Beauty Dating and Sharing Session with Natur
wawa rafsanjani
Hallo, shobat pembaca. Welcome to my personal blog. Saya adalah ibu dua orang putri. Kegiatan saya sehari - hari menemani aktivitas, menjadi teman main, dan bertumbuh bersama mereka. Saya happy dan bersyukur punya mereka. Sesekali saya juga mengisi sebuah kelas di salahsatu sekolah swasta. Berjualan online, jalan - jalan tipis, kulineran, nulis, ngonten, dan masih banyak lagi. Semoga blog ini bisa nambah satu lagi referensi yang menyenangkan dan bermanfaat. Yuk, collabs with me! �� Sri.rafsanjani90@gmail.com
Lebih baru Terlama

Related Posts

1 komentar

  1. Ikut kelasnya di mana mbak?tertarik deh belajar optimasi market place.

    BalasHapus

Posting Komentar