Meal Preparation Ala Working Mom

Posting Komentar
Meal Prep (by Pixabay)

Hallo, moms...seperti biasa, pada tulisan kali ini saya akan sharing lagi tentang hal - hal yang mungkin dapat moms ambil sisi manfaatnya. Kali ini, saya mau sharing tentang “Meal Preparation”. Istilah meal prep ini memang sedang trend dikalangan working moms yang tidak memiliki banyak waktu memasak atau keluarga yang memutuskan untuk beralih ke gaya hidup sehat dimulai dari makanan. Soal meal prep ini, kita akan sama - sama belajar  dari seorang mom, namanya mom Asky.

Sebelum masuk ke meal prep, ada baiknya kita kenalan sama mom Asky. Mom Asky, adalah seorang working mom yang hampir setiap waktunya habis dikantor. Jarak antara rumah dengan kantornya yang makan waktu sekitar 1,5 jam, membuat mom Asky tidak memiliki banyak wantu untuk menyiapkan makanan.

Itulah mengapa kemudian ia memilih teknik meal prep. Meal prep sendiri bagi mom Asky adalah langkah – langkah yang perlu disiapkan agar cooking time menjadi (mendekati) 0. Tahap meal prep ala working mom seperti mom Asky yang tidak bisa masak ini diantaranya sebagai berikut.

1. PLAN

Disini, moms diajak mom Asky untuk membulatkan tekad dan teguhkan niat. Kenapa? Karena mungkin dari kita ada yang berpikir mending beli daripada repot – repot meal prep dengan waktu yang limited. Makanya perlu adanya niat atau alasan kuat mengapa moms harus meal prep. Nah, kalau mom Asky ini moms...memilih meal prep karena emang pingin ngirit.

Setelah membulatkan tekad, selanjutnya buat kepakatan dengan pasangan, menyamakan persepri, apa saja makanan yang bisa di meal prep, supaya tidak menimbulkan salahpaham yang menjadi kendala dikemudian hari.

Menganalisa lingkungan kerja masing – masing juga merupakan hal penting dari meal prap plan. Misal, apakah dikantor suami ada microwave, dispenser, yang dibutuhkan untuk consider jenis makanan apa yang kemudian bisa dimealprepkan.

Setelah itu, fix kan menu untuk satu minggu. Untuk awal, bisa pakai rumus SENIN = RABU dan JUM’AT, SELASA = KAMIS, dan mulai dari menu yang mudah. Jangan lupa, untu share plan meal prep sama orang yang akan bantu kita nanti, misal asisten rumahtangga, suami, or even better both of them.

Sediakan bahan dan bumbu yang diperlukan untuk mengeksekusi menu yang telah ditentukan. Terakhir, tetapkan “Hari Belanja dan Meal Prep”. Belanja dan meal prep, akan membutuhkan waktu sekitar 3 – 4 jam dalam seminggu. Persiapkan juga dua jenis containers, dengan divider dan tanpa divider.

Container yang Freezer Friendly (by pixabay)

2. COOK
Secara garis besar, dalam meal prep dibagi memasak dengan dua metode. Yaitu setengah matang dan matang.

Setengah Matang
Artinya apapun tidak semua matang. Mom Asky, menerapkan ini untuk semua bumbu dan sayur. Sayur bisa DITUMIS dan dibuat FRESH. Pada tahap ini, tidak terlalu banyak makan waktu, karena sudah dikerjakan pada hari meal prep dalam tahap plan. So, secara detailnya adalah sebagai berikut.

 a. Semua jenis sayur dibiarkan fresh (tidak stock banyak dalam freezer), semua dibiarkan di chiller (khusus sayuran) didalam kulkas. Dalam proses mengolah sayur, ada beberapa tips dari mom Asky.
Setelah belanja, cuci bersih semua sayur, keringkan, lalu pootong sesuai menu yang sudah di plan selama satu minggu tadi diatas. Pisahkan sayur yang sudah dipotong kedalam 5 buah container sesuai jumlah hari atau 10 buah container jika moms masak untuk dua kali sehari. Dalam proses memisah sayur, baiknya diperhatikan porsi dan syur yang tahan lama dan yang tidak. Sayur wortel, brokoli, buncis, bisa tahan sampai 5 hari. 

Jenis Sayur yang Tahan Lama (by Pixabay)

Sedangkan seperti bayam, tauge, bisa disimpan dalam container beralasa tissue dengan tanpa dicuci terlebihdahulu agar tahan lebih lama. Semua sayur, wajib disimpan di storage dengan kondisi kering beralaskan tissue.

b.  Persiapkan bumbu yang sudah dipotong. Sebab proses potong, memakan waktu relatif lama dalam prepping bekal pagi. Oleh karenanya, bisa disiapkan di hari meal prep.

Matang
Kategori yang dimasak sampai matang adalah semua lauk atau protein. Mostly, orang akan memilih marinate ayam, daging, ataupun ikan yang dimasak atau dioven pada pagi harinya. Namun, itu hanya untuk western food. Nah kalau mau masakan lokal, bisa menyiapkan matang semua lauk pada hari meal prape. Untuk seminggu, biasanya ada 3 – 4 jenis lauk yang bisa di rolling. Penyimpanannya, sama seperti sayur. Setelah matang, tunggu sampai dingin dan pisahkan dalam beberapa container sesuai hari dan jumlah orang, lalu moms dapat menyiapkannya di storage yang dapat dipanaskan di microwave, di freezer. So, moms tinggal masak sayur, masukin nasi ketempat bekal, and your work here is done.

Meal Prep is Done (by Piixabay)

3. TIPS RESEP, LIFE HACKS, DAN PRODUK USE

Tips resep yang mudah dan ringkas untuk meal prep adalah sebagai berikut.
Sayur ; pecel, dan semua jenis tumisan
Lauk ; abon, kentang mustafa, tempe orek

Life Hacks, moms boleh banget simpan saus instan, seperti saus blackpapper dan gravy, store di storage kecil – kecil anti tumpah. Bikin bakso, nugget, dan siomay sendiri. Store di freezer dan tinggal ngangetin saat butuh.

Products use yang digunakan mom Asky dalam meal prep ialah tupperware chopper, oxone food processor (buat bebikin siomay, bugget, bakso), terakhir freezer.

Itulah tadi meal prep ala working mom, atau bisa juga buat full mom yang minim ilmu perdapuran dan tidak punya banyak waktu.



wawa rafsanjani
Hallo, shobat pembaca. Welcome to my personal blog. Saya adalah ibu dua orang putri. Kegiatan saya sehari - hari menemani aktivitas, menjadi teman main, dan bertumbuh bersama mereka. Saya happy dan bersyukur punya mereka. Sesekali saya juga mengisi sebuah kelas di salahsatu sekolah swasta. Berjualan online, jalan - jalan tipis, kulineran, nulis, ngonten, dan masih banyak lagi. Semoga blog ini bisa nambah satu lagi referensi yang menyenangkan dan bermanfaat. Yuk, collabs with me! �� Sri.rafsanjani90@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar