Memaksimalkan Teknologi Informasi Ditengah Pandemi ; Remote Working Hingga Soft Selling

Posting Komentar
"Makhluk yang bisa survive bukan yang paling besar, kuat, kaya, tapi yang paling bisa beradaptasi", Charles Darwin.


Maksimalkan Teknologi Ditengah Pandemi

Pandemi corona virus disaseas 2019 atau covid – 19 yang melanda dunia dan Indonesia sejak akhir Januari lalu, telah merubah pola hidup bangsa hingga 180 derajat. Pasalnya, makhluk berukuran kecil yang diduga berasal dari Wuhan, China itu telah merenggut ratusan ribu jiwa di dunia dalam waktu relatif singkat. 

Untuk menekan penyebarannya, pemerintah bersama badan organisasi kesehatan dunia WHO melakukan berbagai usaha bersama untuk menekan penyebaran virus serupa SARS itu dengan menerapkan protokol kesehatan secara massive. Sejak saat itu, mobilitas manusia dibatasi dengan cara lockdown di masing – masing wilayah.

Baca Juga : Update Terbaru Tenant di Mall Botani Square Bogor yang Tetap Buka di Masa PSBB

Tak pelak, kondisi ini menimbulkan penurunah luarbiasa dibidang ekonomi utamanya. Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva dalam update terakhir ekonomi global, menyatakan bahwa ekonomi global saat ini sedang mengalami resesi. Ekonomi global di 2020 ini sama buruknya bahkan lebih buruk dibandingkan dengan krisis ekonomi global pada tahun 2008 silam. 

Tantangan Bisnis Ditengah Pandemi

Krisis karena pandemi ini dialami hampir oleh semua negara. Mereka mengumumkan perubahan dalam prediksi pertumbuhan ekonomi 2020, meliputi semua komponen seperti ekspor, konsumsi, investasi, dan sebagainya.

Di Indonesia sendiri, menteri keuangan Ibu Sri Mulyani Indrawati memberi pernyataan serupa bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia yang semula diprediksi meningkat sekitar 5% pada 2020, akan mengalami penurunan menjadi 2,2%, bahkan minus 0,4%.

Dalam kondisi seperti diatas, tentu masyarakat dihadapkan pada kondisi yang tidak menguntungkan. Banyak diantara mereka para pekerja harian harus rela kehilangan pendapatan. Pemotongan gaji, dirumahkan, dialami oleh sebagian besar pegawai perusahaan. 

Pandemi covid – 19 diprediksi akan berlangsung selama 1 – 2 tahun kedepan. Akan ada seleksi alam di dunia bisnis atau usaha di era penormalan kembali (new normal) nanti. Ada bisnis yang kian terpuruk, namun banyak diantaranya yang makin booming.

Bisnis yang diprediksi akan mengalami keterpurukan ialah bisnis hotel, travel, restaurant, properti, dan masih banyak lagi jika mereka tidak segera mencari survival mood atau model bisnis baru. Marta Tilaar contohnya, dari kosmetik menjadi handsanitizer. Es teler 77, saat ini masuk ke bisnis frozenfood. Lippo mall / hotel difungsikan ke rumah sakit. Ditengah pandemi ini, perusahaan – perusahaan dituntut untuk masuk ke digital, pelayanan berbasis IT (IT service).

Baca Juga : Bisnis Tetap Bertahan Saat Covid-19 Mendera


IT Service

Bisnis berbasis IT service inilah yang diprediksi akan booming di era new normal. Seperti life insurance, networking bussines, online transportation, netflix atau indihome, online schooling, webinar atau online training, telemedicine, e – commers,  remote working, dan sejenisnya.

Memaksimalkan Teknologi Informasi Ditengah Pandemi

Sejalan dengan teori Darwin, makhluk yang bisa survive bukan yang paling besar, kuat, kaya, tapi yang paling bisa beradaptasi, itulah yang bertahan ditengah pandemi, sebut para pakar.

Bagi saya, tak lagi mengajar karena pandemi bukanlah akhir segalanya. Saya dan suami, kami justru terlatih work life balance malah. Produktifitas harus makin meningkat. Tetap berfikir positif dan terus “jual diri”. Wawasan soal bisnis di era new normal menjadi acuan kami menjaga ekonomi keluarga agar tetap stabil. Dengan domain pribadi yang saya punya,  dengan aktifitas ngeblog saya, saya merasa menemukan cara sendiri bagaimana memaksimalkan teknologi informasi di tengah pandemi covid -19 sekarang ini.

- Remote working

Kondisi pandemi mewajibkan kita untuk belajar, beribadah, juga bekerja dari rumah. Saya merasa bersyukur bahwa saya tidak mengalami kesulitan disana. Hampir setahun terakhir, saya memilih mengambil pekerjaan model remote working. Tentu saja dengan tidak melupakan tugas domestik saya sebagai istri dan ibu. Untuk memulainya tidaklah instan memang. Dan saya memulainya dari blog.


Remote Working & Online Selling

www.wawarafsanjani.com, sejak awal saya telah memilih Top Domain Level alias TLD untuk blog pribadi saya. Sebab dilapangan, TLD lah yang banyak di cari brand. Baru seumur jagung memang. Namun nyatanya, blog telah membawa saya masuk dilingkar blogger. Pelaku industri kreatif, bekerja darimanapun dan kapanpun asal tetap sesuai deadline. Beberapa kali saya mulai mendapat pekerjaan remote working. Diantaranya campaign di instagram, facebook, dan sesekali di watssapp
Hingga kini, saya terus memacu diri untuk terus berproses. Menemukan ciri khas, membangun personal branding, menaikan performa blog, dan telah siap menerima job

- Menyuguhkan Literasi Sehat 

Dengan media digital dan domain yang saya punya, saya berharap dapat menyuguhkan literasi sehat bagi masyarakat. Menulis hal – hal positif, edukatif, dan menghibur. Dengan tulisan, saya harap dapat bersama - sama menjaga, minimal orang terdekat, teman di sosial media, dari gejala psikosomatis akibat rasa cemas dan panik, saat membaca berita tentang pandemi covid – 19.

Literasi Sehat di Blog Pribadi

- Branding dan Soft Selling Produk

Up grade bisnis dari offline selling ke online selling, itulah salahsatu bentuk adaptasi bisnis. Selain mengajar, pekerjaan sambilan saya yang lain adalah dagang. Ya, saya juga seorang sist - sist olshop. Ditengah pandemi ini, saya mulai memaksimalkan media digital yang saya punya untuk menjaring pelanggan. Salahsatunya dengan mengubah blog milik saya menjadi e- commers. Saya membuat ulasan produk, review, sembari softselling. Kemudian menyebar linknya ke berbagai kanal sosial media. Karena kata para ahli, bisnis yang booming harus branding dan soft selling, jangan hard selling

Softselling Produk di Blog Pribadi


Kebutuhan akan Domain dan Hosting Murah

Sejak ngeblog, saya mulai kenal yang namanya domain dan hostingSadar akan kebutuhan hosting dan domain dalam memaksimalkan teknologi informasi ditengah pandemi, mengingatkan saya bahwa 3 bulan lagi, tepatnya September nanti domain pribadi saya sudah akan expired, huhu...😢

Sebetulnya ini moment bagi saya. Saya mulai koreksi kelemahan dan kelebihan hosting lama untuk dapat memutuskan lanjut atau beralih ke yang lebih ok. Ok dalam artian hosting murah, cek domain langsung tersedia, server lancar, dan relatif mudah bagi saya yang newbie ini. 

Setelah ngulik sana - sini tentang layanan hosting murah, saya mulai tertarik dengan Qwords. Usut punya usut, Qword ini adalah salahsatu penyedia hosting untuk personal, paket hosting bisnis, dan paket hosting unlimited terbaik dan cepat di Indonesia dengan harga relatif murah.

Meski harganya cukup murah, ternyata banyak keuntungan yang akan didapat dari Qwords ini. 

- Layanan support 24 jam 7 hari (24/7)
- Beli hosting gratis domain
- Garansi uang kembali selama 30 hari setelah hosting aktif
- Fitur cukup baik dan lengkap
Server cepat
- Kapasitas besar
- Jaminan uptime 99%
- Proses pembayaran mudah
- Ada fitur autoinstaller dan website builder
- Paket imigrasi gratis dan mudah

Adapun paket layanannya, Qwords menyediakan layanan cloud hosting paket medium performance hosting, high performance hosting, value performance hosting, wordPress hosting dan unlimited hosting


Diantara Paket Qwords Hosting

Wah...ini sih paket lengkap yang sudah disesuaikan dengan resource, dan sesuai kebutuhan. Kalau untuk saya yang kerap menggunakan website untuk blog pribadi, next mungkin menjadi website sederhana untuk promosi produk, prefer pilih paket value performance hosting deh. Fitur autoinstaller dan website buildernya tentu akan memudahkan blogger pemula seperti saya. Saya bisa konsultasi terlebihdahulu via watsapp, call center, atau ticketing system

Cek Domain
Atau saya bisa langsung pesan aja. Sedang ada diskon sampai 60% dan promo lho di Qwords hosting murahCoba  cek domain ah...👌
#OnlineinAja #LombaBlogQwords



Disclaimer : Blog ini diikutsertakan dalam Qwords Blog Competition 2020.
Sumber & Referensi :
• Gambar Gratis Pixabay
• Dokumentasi Pribadi
• Kulwap Komunitas Orami
• WAGrup Leadership & HR Academy
• Website Qwords




















wawa rafsanjani
Hallo, shobat pembaca. Welcome to my personal blog. Saya adalah ibu dua orang putri. Kegiatan saya sehari - hari menemani aktivitas, menjadi teman main, dan bertumbuh bersama mereka. Saya happy dan bersyukur punya mereka. Sesekali saya juga mengisi sebuah kelas di salahsatu sekolah swasta. Berjualan online, jalan - jalan tipis, kulineran, nulis, ngonten, dan masih banyak lagi. Semoga blog ini bisa nambah satu lagi referensi yang menyenangkan dan bermanfaat. Yuk, collabs with me! �� Sri.rafsanjani90@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar