JELI PILIH CAT UNTUK PAGAR BESI AGAR AWET DI SEGALA KONDISI CUACA (REVIEW NIPPON PAINT BEE BRAND BLACK 144)

11 komentar


Jeli Pilih Cat untuk Pagar Besi agar Awet di Segala Kondisi Cuaca (Review Nippon Paint Bee Brand Black 144) Healing, yuk!. Pandemi selama dua tahun belakangan ini memang menguras pikiran orang – orang di berbagai belahan dunia. Kini saatnya kita move on dan bangkit menjadi versi terbaik diri. Lebih - lebih jelang Ramadhan yang tinggal menghitung hari. 


Makanya, penting banget untuk kembali menata isi pikiran kita. Karena pikiran positif, akan melahirkan emosi dan perasaan positif. Nah, saya coba memulai ini dari rumah. Melalui apa yang kita lihat di rumah. 


Pertama – tama saya mau mengubah visualisasi rumah. Saya perhatikan sana – sini, ternyata beberapa material sudah perlu dicat ulang. Utamanya pagar dan toren.

 

CAT PAGAR DAN TOREN MENGELUPAS DAN KARATAN


Pagar dan toren, keduanya dari material besi. Padahal belum setahun dicat. Eh, sudah karatan saja. Tapi ya, itu bukan satu – satunya. Beberapa benda di dalam rumah bahkan ada yang jamuran.


Before - Pagar Besi Berdebu Mengelupas dan Karatan


Tempat tinggal kami memang berada di kaki gunung di kabupaten Bogor ini. Curah hujan tinggi, hawa lembab pegunungan, panas banget kalau lagi panas. Cuacanya bisa dibilang ekstrem dan berubah – ubah. Itu mungkin yang bikin pagar besi dan toren, catnya rentan mengelupas dan karatan. Besinya jadi gampang rusak dan engga awet. Mengsedih.


Before - toren butuh dicat ulang


Gimana sih caranya supaya cat pagar besi awet dan tahan di segala kondisi cuaca. Problem kami selama bertahun – tahun ini bisa dicarikan solusinya. 


Ternyata ada tiga hal yang engga boleh skip, kalau mau hasil cat awet dan tahan lama. Yaitu pemilihan cat, treatments saat proses pengecatan, maintenance atau perawatan.


PEMILIHAN CAT UNTUK PAGAR DAN TOREN


Sepulang dari acara siang itu, saya dan suami, kami mampir di toko bangunan Indo Makmur. Begitu masuk, beberapa orang lalu menghampiri dan memandu.


Disana kami konsultasikan terlebih dahulu problem pagar besi dan toren kepada seorang SPB. Kami mau cat yang engga mudah mengelupas, melindungi dari karat, pokoknya tahan di segala kondisi cuaca.


Konsultasi dengan SPB di Toko Cat


Petugas SPB ramah dan luwes menjelaskan. Saya jadi tahu, nippon paint punya 3 trend warna Ramadhan, yaitu monochrome, tropical, dan warm


Kebetulan banget, Ramadhan emang moment tepat mengganti warna cat rumah.  Trend warna Ramadhan nippon paint, bikin harapan kita di Ramadhan tahun ini terasa makin dekat. Hebatnya nippon paint, bikin harapan Ramadhan makin berwarna.


Karena untuk pagar besi, saya pilih warna monochrome. Putih, abu, atau hitam. Warna monochrome memberi kesan simpel dan ada nuansa ketegasan. Untuk sesuatu yang berada di paling depan, pagar memang seharusnya terlihat tegas dan kokoh.


Katalog warna Nippon paint


Agak galau, namun akhirnya saya putuskan mengambil warna hitam. Nippon bee brand 1000 - black 144, kaleng kapasitas 2,25 liter. 


Dibelakang SPB ada seperangkat mesin colour creations. Makanya engga heran kalau nippont paint punya 10.000 lebih warna – warna favorit. Cat kemudian dicampur dengan bantuan mesin. Jadilah black 144 sesuai katalog, dan kapasitasnya menjadi 2,5 liter.


Dealing Bee Brand Black 144 


HASIL APLIKASI NIPPON PAINT BEE BRAND BLACK 144 PADA PAGAR BESI DAN TOREN


Sebetulnya ini bukan kali pertama sih, saya kenal nippon paint. Sejak tinggal bersama Ibu Bapak di Lamongan, kami sudah pakai vinilex untuk interior rumah. Dan itu sudah lama sekali, sekitar tujuh tahun. Terakhir pulang warna masih stunning.


Nah kalau nippon bee brand 1000 yang baru saya beli ini, adalah cat enamel berbahan dasar resin alkyd. Engga mudah menguap dan bersifat mengikat partikel pigmen secara keseluruhan.


Nippon bee brand 1000 ini emang khusus buat material besi dan kayu, eksterior maupun interior. 


Cat kayu dan besi - Nippon paint bee brand 1000 black 144


Proses pengecatan dimulai. Karena treatment saat proses pengecatan sangat  mempengaruhi hasil, so, kali ini kami coba ikuti petunjuk pengecatan yang benar. 


Pengamplasan, ini bertujuan untuk mengangkat semua karat di permukaan besi. Bisa dilakukan secara manual atau dengan mesin gerinda agar cepat, hemat tenaga, dan hasil lebih maksimal. 


Pembersihan, cuci permukaan besi yang sudah diamplas atau cukup lap dengan kain basah agar sisa karat benar - benar terangkat.


Pencampuran, saya mulai mencampurkan bee brand black 144 dengan pelarut. Karena ini solvent based, maka saya menggunakan thinner sebagai campuran.


Pelarutan dengan thinner 


Prosentasenya thinner 5-10% dari cat yang dicampurkan, kalau mengecat dengan kuas. Minim dan masih ramah lingkungan.


Jika menggunakan roll atau spray, maka prosentase thinner bisa berbeda lagi.


Pengecatan, saya mulai mengaplikasikan cat pada permukaan pagar dan toren.  Pengecatan saya lakukan minimal dua kali. Tahap pertama untuk lapisan dasar, kedua untuk penyempurnaan.


Di tahap pertama pengecatan, ternyata permukaan besi yang mengelupas dan karatan sudah tercover dengan baik. 


Hasil sekali cat pagar besi dengan Bee Brand Black 144


Aplikasi bee brand black 144 pada toren


Pengecatan saya mulai sekitar pukul 09.00 WIB pagi. Dan sekitar pukul 12.30 WIB ternyata cat pagar sudah kering. Cepet banget. 


Pagar besi after Nippon Bee Brand Black 144 - looked so Glossy


Toren after Nippon bee brand black 144 - hasil sekali cat


Hasil warnanya 100% akurat dan konsisten, puas banget. Ada efek glossy, mengkilat. 


Tak lama kemudian hujan turun. Meski terkena air hujan, cat ternyata engga luntur sama sekali. Bahkan bisa dicuci. Ini tentu akan memudahkan maintenance nantinya. Debu yang menempel tinggal cuci aja. Terus cat ulang secara berkala. Nippon bee brand 1000 ini memiliki kelebihan anti jamur. Solusi banget buat permasalahan saya selama ini.


Hebatnya nippon paint yang serba bisa, hebatnya nippon paint solusi total untuk segala pengecatan. 


Besi portal sebelum nippon Bee Brand Black 144


After sentuhan nippon Bee Brand Black 144 - tahan air hujan


HARGA DAN TEMPAT PEMBELIAN


Sekaleng nippon paint bee brand 1000 type black 144 ukuran 2,25 liter ini, saya beli seharga Rp. 196.000,-, saja. Terjangkau banget. 


Padahal saya pakai untuk pagar, toren, dan portal depan komplek. Masing – masing sekali cat. Itupun sisa cat masih banyak. Cukup untuk pengecatan kedua.


Nippon paint bee brand black 144 ini juga engga susah nyarinya. Ada di toko – toko cat atau bangunan di daerah masing – masing. 


Kunjungi website Nippon Paint Indonesia http://www.nipponpaint-indonesia.com/ untuk tracking alamat toko terdekat penyedia produk nippon paint. Kita juga bisa dapet colour scheme service untuk dapet rekomendasi warna dari colourist nippon paint, bisa cek harga, dan sebagainya.


Manfaatkan juga layanan konsultasi gratis via watsapp nippon paint Indonesia.   

Konsultasi gratis via WhatsApp care


So, tunggu apa lagi? Yuk, konsultasikan warna impianmu sekarang.









wawa rafsanjani
Hallo, shobat pembaca. Welcome to my personal blog. Saya adalah ibu dua orang putri. Kegiatan saya sehari - hari menemani aktivitas, menjadi teman main, dan bertumbuh bersama mereka. Saya happy dan bersyukur punya mereka. Sesekali saya juga mengisi sebuah kelas di salahsatu sekolah swasta. Berjualan online, jalan - jalan tipis, kulineran, nulis, ngonten, dan masih banyak lagi. Semoga blog ini bisa nambah satu lagi referensi yang menyenangkan dan bermanfaat. Yuk, collabs with me! �� Sri.rafsanjani90@gmail.com

Related Posts

11 komentar

  1. Seru juga ya pilih, beli, dan cat sendiri. Aku belom pernah nih coba cat besi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, pengalaman sekaligus ilmu baru lagi soal pilih dan aplikasi cat, hehe

      Hapus
  2. warnanya jadi cakep betol 😭 pengen beli juga ah

    BalasHapus
  3. Keren banget ya Nippon Paint ini jadi keliatan seperti baru mengkilap setelah di cat. Rekomended banget ini.

    BalasHapus
  4. Warnanya mengkilap dan rapi ya mbak. Tiang besinya jadi makin cakep. Untuk harga juga masih terjangkau.

    BalasHapus
  5. Betul mba, padahal sebelumnya karatan lho itu. Soal harga iya, Nippon bee brand 1000 relatif terjangkau sih

    BalasHapus
  6. Wah ini nih yang aku butuhkan! Pagarku udah terkelupas dan agak berkarat karena dah lama nggak di cat huhu

    BalasHapus
  7. Jadi cakep gitu lho hasilnya, fix lah pakai Nippon Paint biar keliatan raya

    BalasHapus

Posting Komentar