5 Indutri Kreatif Gibran Rakabuming Raka Berhasil Dongkrak Ekonomi Solo

1 komentar

5 Indutri Kreatif Gibran Rakabuming Raka Berhasil Dongkrak Ekonomi Solo. Gibran Rakabuming Raka calon wakil presiden nomor urut dua menjadi sorotan beberapa waktu belakangan. Bukan hanya soal pengusungan dirinya, melainkan juga rekam jejak dan kiprahnya sebagai wali kota Solo. 

Gibran Rakabuming Raka millenial muda menjabat sebagai wali kota Solo menorehkan beberapa prestasi, utamanya di sektor ekonomi.

Bank Indonesia mencatat Ekomoni Solo mengalami kenaikan signifikan sebesar 6,25% di tahun 2022 kemarin selama Gibran Rakabuming Raka menjabat. 

Gibran Rakabuming Raka memang memperioritaskan kesehatan dan ekonomi selama menjabat. 

Antaranews.com


Ada beberapa langkah taktis yang dilakukan Gibran Rakabuming Raka untuk mewujudkan kemajuan ekonomi di Solo. Salahsatunya melakukan percepatan di Industri kreatif yang merupakan potensi terbesar Solo. 

Inilah 5 industri kreatif Gibran Rakabuming Raka yang Berhasil dongkrak ekonomi Solo.

1. Kerajinan

Kerajinan merupakan salah satu subsektor industri kreatif yang potensial di Solo. Diantaranya mebel ukir, rotan, ukir kaca, kulit, dan keris. 

Gibran Rakabuming Raka membuat Solo Market Art. Event mingguan yang memberi ruang pada pengrajin untuk memamerkan sekaligus memasarkan hasil kerajinannya. 

Tribun Travel

2. Fashion 

Subsektor industri kreatif fashion di Solo berkembang pesat dengan batik tulis sebagai produknya. Sentra industri batik terus bertumbuh di berbagai wilayah di Solo.

Diantaranya Kampoeng Batik Laweyan, Kamuman, Tegalsari, Tegalayu, Tegalrejo, Sondakan, Batikan, Jongke, dan sebagainya. Batik tulis khas Solo dengan motif - motif khas Indonesia telah berhasil diekspor sampai ke mancanegara.

3. Seni Pertunjukan 

Solo merupakan gudangnya para seniman. Gibran Rakabuming Raka melihat ini sebagai peluang besar bagi pertumbuhan ekonomi. Gibran juga menggandeng para seniman jalanan. Menyediakan tempat pertunjukan musik, tari,  wayang orang, ketoprak, dan lain - lain. Tak hanya kesenian lokal, Gibran juga kerap mengundang band - band. 

Gibran juga memperbaiki tempat rekaman legendaris di Solo, yaitu Lokananta. Disanalah tempat menyimpan piringan hitam karya - karya seniman terdahulu yang melegenda. 

4. Pariwisata

Gibran Rakabuming Raka menjadikan acara parade prajurit keraton sebagai daya tarik untuk menarik wisatawan. Termasuk menjalin kerjasama dengan keraton Mangkunegara.

Gibran juga gencar mengadakan event olahraga untuk menarik wisatawan mancanegara. Seperti FIFA, menjadi tuan rumah Asian Para Games, diikuti dengan pengambangan infrastruktur.

5. Teknologi dan Hiburan

Game dan Hiburan punya porsi tak kalah penting dalam industri kreatif Solo. Garena Gaming and Community Hub dibuat untuk mereka para komunitas gaming. Berkarya dan berkolaborasi bersama. Garena Gaming dilengkapi dengan ruang broadcasting untuk membuat konten YouTube dan editing. 

Gibran Rakabuming Raka juga gencar membangun sumber daya manusia melalui beberapa langkah nyata. Salahsatunya melalui Solo Techno Park. Ini merupakan ruang kolaborasi untuk melahirkan usaha baru. 

Solo Techno Park yang merupakan hasil kolaborasi pemerintah dan swasta Seperti shopee, bank mandiri, SKK migas, PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa ini juga memberikan ruang dan kesempatan kepada para pemuda Solo untuk mengembangkan skill dan menyalurkan ide. 

Solo Techno Park berhasil masuk dalam 15 besar lembaga inkubator nasional. Sementara dalam inkubasi award 2023, Solo Techno Park  berhasil meraih Grade A dari 300 peserta. 

Ini merupakan langkah penting untuk mengembangkan ekosistem start up dan ekonomi kreatif sekaligus sebagai catatan prestasi Gibran.

Itulah 5 Industri Kreatif Gibran Rakabuming Raka Berhasil Dongkrak Ekonomi Solo.

Keberhasilan tersebut tak lepas dari usaha wali kota Solo Gibran Rakabuming Raka dalam melakukan promosi potensi industri kreatif Solo. Diketahui bahwa promosi ini bahkan sampai ke Amerika Serikat. Los Angeles, New York, dan Washington DC. 







wawa rafsanjani
Hallo, shobat pembaca. Welcome to my personal blog. Saya adalah ibu dua orang putri. Kegiatan saya sehari - hari menemani aktivitas, menjadi teman main, dan bertumbuh bersama mereka. Saya happy dan bersyukur punya mereka. Sesekali saya juga mengisi sebuah kelas di salahsatu sekolah swasta. Berjualan online, jalan - jalan tipis, kulineran, nulis, ngonten, dan masih banyak lagi. Semoga blog ini bisa nambah satu lagi referensi yang menyenangkan dan bermanfaat. Yuk, collabs with me! �� Sri.rafsanjani90@gmail.com

Related Posts

1 komentar

  1. Mudah mudahan mas gibran kalau terpilih jadi wakil presiden bisa bersinergi dengan pak prabowo selaku calon presiden dan bisa benar benar menepati janji janjinya pada saat kampanye,,,

    BalasHapus

Posting Komentar