Tips Hemat Membeli Hewan Qurban

Posting Komentar
Kambing Qurban by Pinterest

Membeli hewan qurban tidak bisa sembarangan. Ada beberapa pertimbangan yang penting untuk diperhatikan. Yaitu fisik hewan qurban dan biaya atau harganya. Fisik hewan qurban telah ditentukan dalam syari’at, diantaranya cukup umur menurut ketentuan masing - masing, sehat, tidak cacat, gemuk, dan sebagainya.

Disamping sisi syari’at, yang penting untuk dipertimbangkan lagi adalah sisi harga. Pointnya adalah ada harga ada rupa. Maka dari itu, ada beberapa tips hemat membeli hewan qurban berikut.


1. Miliki Peternakan Sendiri
Saat ingin berqurban, apalagi dalam jumlah besar dan rutin, ada baiknya kita mempertimbangkan untuk mengadakan peternakan secara mandiri. Ini biasanya berlaku untuk institusi atau lembaga. Yayasan nurul hayat surabaya misalnya, mereka membangun kampung ternak. Kampung itu semula adalah kampungnya para maling. Namun dengan binaan secara konsisiten dari yayasan nurul hayat, kampung itu berubah menjadi kampung yang sebagian penduduknya dibina untuk berternak. 

Kambing dari hasil ternak, digunakan untuk suplay hewan aqiqah dan qurban yayasan nurul hayat. Banyak keuntungan yang akan diperoleh saat kita qurban dari peternakan sendiri. Diantaranya murah dan kualitas hewan terkontrol. Namun jika tak memiliki peternakan secara mandiri, 4 tips berikutnya bisa anda terapkan.

2. Beli Kambing dari Tangan Pertama
Saat anda membeli hewan ditangan pertama, maka keuntungannya adalah murah dan murah. 
Hindari membeli kambing dari tangan kedua saat membeli hewan qurban. Apalagi qurban dalam jumlah banyak. Katakan kita butuh 8 ekor kambing, si tangan kedua mengambil keuntungan Rp. 1juta, maka dapat dipastikan kita “rugi” sekitar Rp. 8juta. 

So, saat membeli hewan qurban pilihlah dari tangan pertama. Sehingga anda bisa mengontrol budget. Hewan kualitas baik, kondisi dan ukuran sesuai harga.


3. Pilih atau Lihat Kambing Secara Langsung Saat Membeli
Banyak keuntungan yang akan kita dapatkan saat memilih kambing secara langsung. Kita bisa pilih yang paling sehat, paling gemuk, paling sesuai syari’at dan sebagainya. Sehingga menghindari keslahan seperti “beli kucing dalam karung”. Kambing ternyata tidak lebih besar seperti saat beli disebelah dengan budget sama, misalkan.

4. Hindari Pesan atau Order Tanpa Melihat Hewan
Saat kita putuskan untuk membeli hewan qurban secara online, order dari orang, tanpa melihat langsung, maka kita hanya bertumpuh pada satu hal yaitu “asas kepercayaan”. Hal ini akan sulit mendapatkan hewan yang sesuai, terutama dengan budget. Order pada orang kepercayaan sekalipun, kita masih harus memberikan keuntungan profit, setidaknya uang transport. Maka, memilih hewan qurban secara langsung lebih menguntungkan.

5. Lock Budget atau Lock Dana
Lock budget disini maksudnya adalah tidak mengepreskan budget. Anda mengatakan pada penjual  “carikan kambing seharga 3juta.”, itu jelas merugikan. Maka kuncinya adalah anda harus memilih secara langsung hewan qurban anda. Dengan demikian, anda akan mendapatkan kambing ukuran pantas, sesuai budget, atau bahkan anda bisa hemat Rp. 100 – 200Ribu per ekornya. Lumayan kan, bayangkan kalau ada 8 ekor kambing. Maka anda akan hemat Rp. 800 – 1600ribu. 

Nah, demikianlah tips hemat membeli hewan qurban yang bisa kita terapkan. Semoga ditahun – tahun selanjutnya kita dimapukan untuk berqurban, lagi, dan lagi, ya. Aamiin...


Sumber : Pinterst
wawa rafsanjani
Hallo, shobat pembaca. Welcome to my personal blog. Saya adalah ibu dua orang putri. Kegiatan saya sehari - hari menemani aktivitas, menjadi teman main, dan bertumbuh bersama mereka. Saya happy dan bersyukur punya mereka. Sesekali saya juga mengisi sebuah kelas di salahsatu sekolah swasta. Berjualan online, jalan - jalan tipis, kulineran, nulis, ngonten, dan masih banyak lagi. Semoga blog ini bisa nambah satu lagi referensi yang menyenangkan dan bermanfaat. Yuk, collabs with me! �� Sri.rafsanjani90@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar